Thursday, February 2, 2012

ANGKATAN KERJA, PENGANGGURAN, KESEMPATAN KERJA*

ANGKATAN KERJA, PENGANGGURAN, KESEMPATAN KERJA*

Yuninyawati**
I363100011/SPD/S3

Jelaskan konsep dan definisi:
a.                  Angkatan kerja, bekerja
b.                  Pengangguran dan setengah pengangguran
c.                   Kesempatan kerja pada beragam sector dan jenis kelamin
d.                  Pengertian push down effect (Keyfitz)

1.      Angkatan kerja dan bekerja
Angkatan kerja (labor force) merupakan konsep yang memperlihatkan economically active population, sedangkan bukan angkatan kerja adalah mereka yang tergolong non economically active population.
Angkatan kerja adalah mereka yang berumur 10 tahun ke atas dan mempunyai pekerjaan, baik bekerja maupun sementara tidak bekerja karena suatu sebab, disamping itu mereka yang tidak mempunyai pekerjaan tetapi sedang mencari pekerjaan juga termasuk dalam kelompok angkatan kerja.
Angkatan kerja meliputi orang-orang yang bekerja guna mendapatkan upah atau gaji (di bidang sipil maupun bersenjata), termasuk orang yang sedang mencari pekerjaan. Sementara angkatan kerja tidak termasuk orang-orang yang terikat pada kegiatan-kegiatan yang tidak menghasilkan uang/pendapatan. Jadi wanita yang terikat pada pekerjaan rumah tangganya sendiri tidak diperhitungkan sebagai angkatan  kerja. Hal ini dikarenakan barang-barang dan jasa-jasa yang dihasilkan tak dapat diartikan sebagai pendapatan.
Bekerja adalah kegiatan/aktivitas yang dilakukan mannusia dan mendapatkan imbalan berupa uang/pendapatan. Jadi yang bisa dikatakan bekerja adalah yang bisa menghasilkan uang/pendapatan.

2.      Pengangguran dan setengah pengangguran

Pengangguran adalah: tidak adanya kegiatan kerja secara sempurna bagi sebagian angkatan kerja. Setengah pengangguran: kegiatan kerja yang mengandung kekurangan dalam kuantitas dan kualitas sehingga tidak dapat memanfaatkan waktu dan kecakapan produktifitas pekerja secukupnya atau sehingga menghasilkan pendapatan yang rendah.
3.      Kesempatan kerja pada beragam struktur dan jenis kelamin;
Kesempatan kerja adalah jumlah penduduk yang bekerja, biasanya dipandang mencerminkan jumlah kesempatan kerja yang ada.
Partisipasi angkatan kerja dinyatakan sebagai jumlah penduduk yang teergolong angkatan kerja per 100 penduduk usia kerja. Penduduk usia kerja diefinisikan sebagai penduduk 10-64 tahun.
Partisipasi angkatan kerja umumnya rendah dan agak rendah pada usia muda dan tua. Sebagian mereka yang usia muda masih sekolah, sedangkan yang usia tua sudah tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan.
Partisispasi angkatan kerja golongan perempuan  lebih rendah dari pada golongan laki-laki.  Di Negara berkembang, hal ini disebabkan golongan perempuan tercatat sebagai pengurus rumah tangga yang dalam definisi sensus penduduk tidak termasuk angkatan kerja.
Perkiraan angkatan kerja dunia 1960, kaum laki-laki meliputi hamper 2/3 bagiann sedangkan perempuan hanya sepertiga bagian. Perbedaan dalam struktur umur, populasi kaum laki-laki di kawasan yang suah melakukan industrialisasi 58 persen sementaradi negaraberkembang 55 persen.
Perbedaan dalam hal pola-pola tingkat kegiatan laki-laki menurut umur spesifik berbeda pada berbagai Negara. Tingkat kegiatan laki-laki usia 25-554 adalah 90 persen untuk Negara industrial.
Kaum laki-laki di pedesaan memasuki angkatan kerja lebih awal dari pada diperkotaan.
4. push down effect (keyfitz)

No comments:

Post a Comment